logo

Working on a tim sounds really fun, right? Bekerja bersama orang-orang dengan karakter dan jalan pikir yang berbeda pasti merupakan hal yang seru sekaligus menantang  karena harus menyatukan tujuan dan pendapat para anggota tim. Biar kerjanya makin asik, ini nih tips-tips yang bisa diterapkan pas lagi kerja bareng!

1. Menghargai & Menerima Pendapat

Saat bekerja dalam tim, tukar pikiran penting banget dilakuin. Lo akan sering mendapat dan juga memberi opini. Walau nggak semua ide dan pendapat anggota tim lo setujui, penting banget untuk tetap menghargai pendapat yang dikeluarkan. Yap, pendapat dan opini lo nggak selalu sesuai sama apa yang mereka pikirkan. Hindari untuk menyinggung orang dengan opini lo terhadap pendapatnya, ya! Banyak kok cara yang baik untuk menyampaikan opini lo tanpa jatuhin pendapat yang orang lain keluarkan. Selama kalian saling menghargai pendapat, konflik juga nggak gampang terjadi di lingkungan tim kerja lo.

2.Tolerance Is Key

Kalo ngga punya rasa toleransi tinggi, bakal susah lho bekerja dalam tim! Semua orang memiliki karakter, pikiran, cara pemecahan masalah, sampai manajemen waktu yang berbeda. Pasti akan ada anggota tim yang membuat kesalahan kecil seperti terlambat, tapi harus banget lho punya rasa toleransi untuk memaklumi kesalahan yang dibuat oleh anggota tim. Teguran atau peringatan itu wajib untuk setiap anggota yang membuat kesalahan, namun jangan sampai anggota merasa dikucilkan hingga merusak mood si dia untuk bekerja dalam tim, ya!

3. Kenali Tim Lo

Wajib banget nih untuk loyang bekerja dalam tim untuk memahami karakter tim dan orang orang di dalamnya. Misalnya, kayak apa sih tujuan utama tim kalian? Apa kelebihan dan kelemahan yang ada pada tim itu? Kalo udah paham karakteristik tim lo berikut anggota nya, bakal lebih mudah untuk engage dengan para anggota tim dan menyatukan tujuan yang kalian punya!

4. Be Open Minded

Sama hal-nya dengan menghargai dan toleransi, being a person with an open mind is a must for anyone who work on a team. Pendapat yang di berikan para anggota tim mungkin ada yang nggak biasa lho buat lo, bakalan ada ide yang menurut lo baik, unik, maupun aneh, itu dia kenapa penting banget buat punya pikiran terbuka dalam tim work, agar lo bisa paham dan menghargai pendapat orang lain yang bekerja bareng di tim lo.

5. Communicate

Untuk kenyamanan yang ada di dalam tim, komunikasi antar anggota harus banget dong berjalan dengan lancar. Contohnya, kalo ada sesuatu yang lo nggak suka mengenai kondisi tim maupun individual, you have to point it out nicely. Sebuah tim bakal efisien bekerja saat ambience di dalam tim itu sendiri baik. Komunikasi di dalam sebuah tim sangat penting lho untuk kemajuan kalian sebagai tim ataupun perorangan.

6. Be The Person You Want To Work With

Nah, ini lah hal yang paling penting saat lo bekerja dalam sebuah tim. Instead of judging everyone’s character, you need to start improving yourself. Gambarkan orang-orang seperti apa sih yang bikin kerja lo nyaman dan efektif, and then you become that person you want to work with. Jadi kalo lo ingin bekerja bareng orang yang on time, open minded, dan nggak judgemental, you have to be that kind of person yourself. Do good, be good, and good will come to you! 

SHARE THIS AWESOMENESS!!