logo

Pernah ngerasain bete-nya tugas numpuk dan keburu-buru ngerjain kerjaan? Deadline-nya besok atau bahkan 1 jam lagi? Hampir semua orang pasti pernah kejar-kejaran sama yang namanya deadline. Kadang, salah satu faktor yang nggak disadari dan bikin kamu harus ngos-ngosan dikejar deadline adalah kebiasaan procrastinate alias nunda kerjaan. Biar nggak gitu lagi, ini nih beberapa tips untuk lo yang suka procrastinate atau menunda-nunda kerjaan!

 

 

1. Know Yourself

 

Kalau lo adalah seseorang yang hobi menunda pekerjaan, coba untuk lebih memahami diri sendiri lebih dalam dulu. Pahami tujuan yang lo punya untuk kedepannya dan coba pikirin apa sih hal utama yang suka membuat diri lo suka menunda pekerjaan? Selalu ingat kalau menunda pekerjaan apalagi sampai menumpuk bisa merugikan diri sendiri, lho! Semakin lo paham tujuan dan kelemahan diri lo, semakin mudah untuk mengubah kebiasaan yang buruk.  Pokoknya, you have to be stronger than your strongest excuse!

 

 

2. Change Your Perspective

 

Memang nggak semua yang lo harus lakukan adalah hal yang lo suka, tapi semuanya bisa diubah melalui mindset lho! Kalo pikiran udah enak, mengerjakan sesuatu akan terasa lebih asik dan mudah. Contohnya, pas mengerjakan sesuatu, coba untuk nggak liat hal itu sebagai sesuatu yang lo nggak suka atau sesuatu yang bikin lo malas. Misalnya, pikirkan apa tujuan lo dalam mengerjakan itu, atau hal yang dapat lo lakukan kalau pekerjaan tersebut sudah selesai. If your mind is doing good, your body will follow. Deadline? No worries!

 

 

3. Get Organized

 

Salah satu cara untuk mengatasi sifat menunda adalah dengan cara membuat schedule atau jadwal apa saja yang harus lo kerjakan hari ini. Cukup schedule yang simple berbentuk list atau timeline, dan di taruh aja deh di tempat yang selalu lo liat. Bisa di tembok kamar atau jadiin wallpaper di handphone. That way, lo bakal selalu on track dengan apa yang lo lakukan dan nggak kelupaan sama kegiatan yang harus lo lakukan pada hari itu, terutama saat lagi hectic.

 

 

4. Commitment Is Key

 

Komitmen adalah hal yang penting kalo lo mau melakukan sesuatu biar nggak setengah-setengah. Pasti banyak banget godaan yang dateng saat lo mau mulai mengerjakan sesuatu, seperti ajakan teman-teman untuk hang out, nonton film-film bagus atau bahkan cuaca yang “mengajak” untuk tidur dan bersantai? Nah, kalo lo udah komit dengan apa yang lo kerjain, pasti akan lebih mudah untuk menghindari distraction yang ada di sekeliling lo, pokoknya kalo lo udah bisa komit, pasti akan semakin giat deh menyelesaikan apa yang lo kerjakan.

 

 

5. Seek Nice(r) Ambiences

 

Terkadang, apa yang bikin kita males atau nggak semangat mengerjakan sesuatu adalah karena lingkungan yang nggak mendukung, bisa jadi rumah lo terlalu ramai sehingga susah untuk focus mengerjakan sesuatu, atau mungkin terlalu nyaman sampe sampe bikin lo mager alias males gerak dari tempat tidur? It’s time to find yourself a new place to work on your assignments, guys! Biar nggak ngebosenin, kalian bisa coba tempat baru seperti library atau cafe. Banyak banget tempat yang nyaman dan nggak ngebosenin yang bikin lo semangat untuk mengerjakan tugas.

SHARE THIS AWESOMENESS!!